BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

 

Dinamis !!! itulah kehidupan. Ketika kita evaluasi kehidupan kita kebelakang ternyata tidak ada yang statis atau permanen. Mulai dari kita dilahirkan ke muka bumi ini kita terus mengalami perubahan menuju perbaikan. Ya… perbaikan itulah sunnatullah kehidupan, sebenarnya Allah senantiasa memberikan perubahan menuju perbaikan ternyata mulai dari kita terlahir yang hanya bisa menangis , kemudian Allah memberikan perbaikan kepada kita untuk belajar sehinggga kita dapat tersenyum, beraktivitas, bahkan berusaha produktif di setiap kehidupan kita dengan menunut ilmu seperti yang kita lakukan hinggga saat ini.

Satu pertanyaan yang barangkali melintas dikehidupan kita adalah mengapa setiap perubahan yang kita lakukan tidak selalu menuju kepada perbaikan. Sahabat…. harus kita sadari bahwa sering kali kita melakukan kesalahan dalam kehidupan sehingga sering kali mengakibatkan tidak semua proses perubahan (pertumbuhan) dalam kehidupan kita terkadang membawa keburukan.

Sahabat…tentu kita semua menginginkan akhir dari kehidupan (perubahan) yang kita jalani menggapai kebaikan yang diinginkan oleh Allah dan rasul-Nya. Maka jika kita menginginkan perubahan yang kita lakukan senantiasa berada pada perbaikan, salah satu kuncinya adalah perubahan (perbuatan ) yang kita lakukan tentunya harus berada dalam petunjuk dan ridho-Nya, karena kita yakin bahwa segala kebaikan yang terjadi dalam kehidupan hanyalah berkat limpahan rahmat-Nya. Sebagaimana yang tertera dalam kitab-Nya “Kebajikan apa pun yang kamu peroleh, adalah dari sisi Allah, dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu datang dari dirimu sendiri….(Q.S An-Nisa’ 79)

Salah syarat agar kemudian Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada kita adalah lingkungan dan sarana yang mampu mengantar kita untuk senantisa dekat dengan Rabb kita tercinta. Mentoring!!!barang kali adalah salah satu dari sarana yang kita cari itu.Dari sini sering kali terjadi perubahan yang menuju kebaikan yang terjadi pada person-person yang melakukan peroses mentoring tersebut (mentoran) walaupun mentoring bukan segala-galanya, tapi segala-galanya bisa berawal dari mentoring, begitu kata orang-orang . Karena dengan mentoring yang di lakukan dirumah Arqam bin Arqam lah Rasulullah dahulu mengadakan perubahan di dunia dengan membangun peradaban islam. Artinya sejarah telah membuktikan!!!tinggal apakah kita akan mengikutinya keberhasialn itu atau tidak.orang bijak mengatakan jika kalian menginginkan kesuksesan maka penuhilah syarat-syaratnya (lakukanlah sebagaimana yang telah dilakukan oleh orang terdahulu)

Maka bersiap-siaplah kehidupan anda akan berubah menuju perbaikan bersama mentoring, tentunya hanya dengan berharap hidayah dari-Nya. Yakinlah apapun bentuk kita hari ini suatu saat pasti akan berubah, hanya saja perbahan apa yang kita inginkan baik / buruk. Saatnya membuat keputusan!!!!. (sarwadi_ICMo)

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Leave a comment